RITEK KATA TAMBAHAN YANG MENGISYARAKAN SETUJU ATAU TERIMA?

Kalau anda pernah ke daerah saya Goranggareng Magetan pasti pernah mendengar kata ritëk sering diucapkan dalam percakapan sehari hari.Lalu apa itu ritek? (Ritek = tek "e"nya dibaca seperti pada kata teteh bahasa sunda atau pada kata tetek)
Saya yang sejak kecil juga pengguna kata "ritek" ini juga tidak tahu arti lugas kata ritek, atau tidak tahu terjemahan ke dalam bahasa Indonesia apalagi the meaning to english.

Ritek seperti kata penegas ini bisa bermacam macam maksud tergantung pada kalimat atau kata yang diikutinya. Ritek biasanya akan berada di belakang kata atau kalimat.

Contoh berikut akan memperjelas apa itu "ritëk".

Si A:"Mas,tulisane gak usah nganggo gambar ae yo, ngene ae?"
Si B: "Ngono ritek."

Si A :"Mas tulisannya gak usah pakai gambar saja ya,begini saja?"
Si B:"Begitu ritek" (ini mengandung maksud :"Begitu juga gak apa apa") Nah Si B ini menyetujui pendapat si B dengan kalimat "Ngono ritek", berati ritek yang ini mengandung unsur "setuju".

Contoh cerita:

Ngadimin karo bojone nyang pasar tuku klambi.Bojone Paijo cêthuk klambi sing disenengi,tapi rupane klambi mung wêrna siji, abang, mangkakno senengane werna biru.
Bojone Ngadimin:"Mas,klambine mung abang, tak tuku ae yo?"
Ngadimin:"abang ritek."

Ngadimin dengan istrinya pergi ke pasar membeli baju.Istri Ngadimin menjumpai baju yang disukai,tetapi warnanya hanya satu warna,merah,padahal kesukaannya warna biru.
Istri ngadimin :"Mas,bajunya cuma merah,aku beli saja ya?"
Ngadimin:"Merah ritek"."

(Meskipun merah gak apa apa / maksudnya) Dalam percakapan di atas Ngadimin menyatakan setuju dengan menambahkan kata "ritek" di belakang kata "abang".

Contoh dalam kalimat lain.
Seseorang dikatakan jelek :
" Rupamu elek"
"Elek ritek"
"Kamu jelek." "Jelek ritek
Maksudnya setuju atau terima dengan kata jelek atau setuju bahwa dirinya jelek meski akhirnya akan ditambahi kata "Elek ritek,duwitku akeh." Tetapi dia seperti setuju saja dikatakan jelek.

Contohnya saya ambil bahasa asli daerah saya ya yang di atas., dan seharusnya banyak contoh yang mesti saya sampaikan,tapi silahkan cari contoh kalimat sendiri untuk menempatkan "ritek" dan coba pikirkan maksundnya.

Jadi menurut pendapat saya ritek kata tambahan yang mengandung maksud setuju atau terima.

Oke apakah di daerah lain ada "ritek" juga?
Oh oh ritek kata tambahan yang mengisyaratkan setuju atau terima pendek saja,bagi anda yang menemukan blog http://javalangua.blogspot.com dan menemukan "ritek" dan berpendapat lain silahkan berkomentar di sini atau anda bisa kunjungi halaman buku tamu untuk mudah berkomunimasi.

Wis pendek ritek postinganku "aku rapopo" saran kritik kami nantikan.

0 Response to "RITEK KATA TAMBAHAN YANG MENGISYARAKAN SETUJU ATAU TERIMA?"

Posting Komentar

Sponsor